Makhluk Ajaib Bernama DNA *

*di tulis kembali dari majalah El-Fata edisi 07 volume 09-2009*

Dunia ini memang penuh dengan keajaiban dari Sang Pencipta. Penciptaan yang tampaknya kecil dan remeh, seringkali memiliki kehebatan yang tak tertandingi. Seperti salah satu makhluk Allah yang bernama DNA (Deoxyribo Nucleic Acid). Secara ukuran tentu tidak bisa dibandingkan dengan gajah yang besar itu. Tapi soal kehebatan penyimpanan informasi, gajah tak bisa menandingi kekuatannya. Bahkan, segala macam informasi tentang fisik dan non fisik gajah malah disimpan rapi dalam DNA yang didesaign khusus oleh Allah pada setiap organisme. Gak percaya? Coba deh simak artikel dibawah ini, yuk mari….

DNA ITU APA YA?

Secara definisi, DNA dapat dikatakan sebagai jesenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme. Di dalamnya terkandung materi genetik yang memiliki fungsi untuk mengatur perkembangan biologis seluruh bentuk kehidupan secara sekuler. Dengan kata lain, DNA nerfungsi sebagai cetak biru yang memiliki informasi genetik setiap organisme seperti warna kulit, tekanan darah, bentuk wajah, tinggi badan, de el el pada setiap makhluk hidup.

Khusus untuk manusia, ada sekitar 200.000 gen di dalam DNA. Setiap gen itu tersusun dari rangkaian nukleotida khusus yang berjumlah sekitar 1000 sampai 186.000. Gen-gen tadi juga menyimpan hampir 200.000 kode protein yang ada di dalam tubuh manusia plus mengendalikannya agar berfungsi secara optimal. Dan perlu tau juga, 200.000 kode protein DNA tadi merupakan 3% dari keseluruhan informasi yng ada di DNA. Sisanya yang 97% masih belum bisa dilacak hingga sekarang.

Terus menurut penelitian juga, DNA itu ada pada 3 bagian sel yaitu nukleus, mitokondria dan kloroplas. Ketiganya memiliki perbedaan yang unik dan sulit untuk manusia menirunya. DNA nukleus berbentuk linear dan berisolasi sangat erat dengan protein histon. DNA jenis ini juga memiliki ciri yaitu mewarisi sifat-sifat yang berasal dari kedua orangtua. Makanya tidak mengherankan jika ada anak yang pintar sementara kedua orangtuanya juga pintar. Adapun DNA mitokondria dan kloroplas memiliki bentuk silkular dan tidak berasosiasi dengan protein histon. Kedua DNA ini tidak mewarisi sifat-sifat keturunan dari kedua orangtua, tapi hanya mewarisi sifat-sifat dari ibu saja.

Terakhir, DNA juga memiliki kesamaan dengan molekul-molekul yang lain. Ia juga memiliki komponen-komponen penting, seperti gugus fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen. Khusus untuk basa nitrogen, beberapa orang mengenalnya dengan nama pasangan basa. Ketiga komponen itu kemudian membentuk satu unit monomer DNA yang disebut nuklotida. Karena hal ini, DNA tergolong sebagai polinuklotida. Wah, unik dan rumit ya….?!

DNA YANG SPEKTAKULER

Klo tadi ngomongin struktur DNA yang serba unik, gak ada salahnya jika kemudian bahas tentang kemampuan DNA dalam menyimpan data. Ada yang menarik? Jumlah informasi yang terdapat dalam DNA pada manusia belum bisa tertandingi hingga sekarang. Jika ensiklopedi terbesar di dunia seperti Ensiklopedia Britannica hanya terdiri dari 23 jilid dan memiliki 25.000 halaman maka informasi dalam DNA bisa jauh melebihi jumlah itu. Dalam satu molekul DNA, terdapat berbagai macam informasi yang banyaknya bisa mencapai satu juta ensiklopedi jika dituskan di atas kertas. Dan ingat, itu baru satu molekul saja lho… Dengan kata lain, satu molekul DNA manusia memiliki perbandingan jumlah 40:1 dengan ensiklopedia terbesar dunia.

Kemampuan DNA menyimpan data genetik juga tak bisa disaingi oleh komputer paling canggih sekalipun. Kalo bisa ditandingi, tentu sudah ada penemuan alat super kecil yang berisi jutaan milyar informasi tentang semua desaign makhluk hidup. Toh pada kenyataannya, baru ditemukan microchip yang kapasitas penyimpanan datanya jauh dibawah DNA.

DNA DAN SANG PENCIPTA

Keajaiban-keajaiban yang ada dalam DNA tak bisa dipungkiri memang merupakan bulti dahsyatnya penciptaan Sang Pencipta, Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Meskipun orang-orang kafir seperti Charles Darwin dan Karl Max menganggap DNA itu hanya terbentuk secara kebetulan, riset ilmiah tetap menunjukkan bahwa DNA diciptakan oleh Dzat Yang Maha Agung. Dan tentunya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala Sang Pencipta itu.


3 Komentar (+add yours?)

  1. bocipalz
    Nov 18, 2009 @ 02:07:02

    subhanalllah….
    Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya…

    yang kecil gini aja sudah bisa bikin banyak perubahan…

    Balas

  2. auvaganza
    Nov 18, 2009 @ 02:12:43

    Subhanallah..

    Balas

  3. ska
    Okt 19, 2011 @ 21:00:49

    kurang berisi…..
    tdk detail,,,,,,untuk amatir

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: