Lumba-lumba Sarat Inspirasi

*Di salin dari majalah El-Fata edisi 01 volume 08 tahun 2008*

Sebenarnya manusia itu tidak pandai-pandai amat. Banyak teknologi yang dicapai oleh manusia sebenarnya hanyalah ‘meniru’ atau terinspirasi dari ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Salah satu ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang banyak menjadi inspirasi bagi beberapa teknologi manusia adalah lumba-lumba.
Lumba-lumba adalah mamalia –walaupun kita menyebutnya sebagai ikan– yang hidup dalam air. Karena termasuk hewan yang jinak, kemampuan dan kebiasaan lumba-lumba mudah untuk dieksplorasi oleh manusia. Walhasil, banyak kemampuan lumba-lumba yang menjadi inspirasi bagi teknologi manusia. Apa saja mereka?

Pesawat Concorde
Moncong lumba-lumba dijadikan model untuk merancang pesawat Concorde. Dalam penelitian yang dilakukan oleh para insinyur untuk mengurangi gesekan udara pada permukaan luar Concorde, moncong lumba-lumba yang berbentuk kumparan telah memberikan inspirasi. Sirip ekor ikan ini berfungsi sebagai mesin di dalam air. Serupa dengan hal itu, motor pesawat Concorde ditempatkan di bagian belakang dan berfungsi sebagai motor pendorong seperti sirip lumba-lumba. Penyesuaian ini menghasilkan performa yang baik.
Haluan Kapal
Moncong lumba-lumba juga dijadikan model untuk haluan kapal modern. Daripada menggunakan haluan berbentuk huruf V, kapal besar saat ini memiliki struktur yang menyerupai moncong lumba-lumba. Tipe haluan seperti ini membelah permukaan air dengan lebih efisien sehingga membantu kapal berlayar lebih cepat dengan konsumsi energi yang lebih sedikit. Haluan jenis moncong lumba-lumba dapat menghemat bahan bakar hingga 25%
Sonar
Dari organ khusus pada kepala bagian depan, lumba-lumba memancarkan gelombang bunyi sebesar 200.000 hertz getaran per detik). Dengan bantuan getaran ini, mereka tidak hanya dapat mendeteksi rintangan dalam perjalanan mereka. Dari kualitas gemanya, mereka juga dapat memperkirakan arah, jarak, kecepatan, ukuran, dan bentuk rintangan yang ada di depan mereka tersebut. Prinsip kerja sonar sama dengan kemampuan sonar lumba-lumba.
Kapal Selam
Struktur tubuh lumba-lumba yang membentuk kumparan memberi mereka kemampuan bergerak sangat cepat di dalam air. Para ilmuwan menemukan keistimewaan lain yang memegang peranan penting dalam cepatnya pergerakan hewan air ini.
Kulit lumba-lumba tersusun atas tiga lapisan. Lapisan terluar sangat tipis dan luwes. Lapisan dibawahnya tebal dan  terbuat dari rambut luwes, yang membuat lapisan ini mirip sikat rambut plastic. Lapisan ketiga di bawah tengah terbuat dari bahan seperti spons. Tekanan tiba-tiba, yang dapat berpengaruh pada lumba-lumba yang sedang bergerak cepat, diredam pada saat tekanan ini ditransmisikan ke lapisan dalam.
Setelah melakukan penelitian selama empat tahun, para insinyur kapal selam Jerman berhasil membuat lapisan sintetis dengan sifat-sifat yang sama.  Lapisan ini tersusun atas dua lapisan karet, dan di antara kedua lapisan terdapat gelembung seperti pada sel kulit lumba-lumba. Ketika lapisan ini digunakan, kecepatan kapal selam meningkat hingga 250%.
Manusia sering lupa: berbangga-bangga diri dengan kemajuan teknologi yang diraihnya. Toh, sebenarnya kalo gak diizinkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kalo gak dibukakan jalan oleh Allah, manusia tetaplah makhluk bodoh. Lagipula mereka sekedar meniru apa yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala ciptakan. Jadi, yang hebat, tentu saja selalu Allah Subhanahu Wa Ta’ala…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: